Jadi Pelajar USM Sekejap




Sudah lama tidak nulis lagi di blog ini, baiklah saya akan nyicil beberapa cerita perjalanan kami negeri orang :D

Alhamdulillah Pada oktober 2014 saya bersama partner penelitian berkesempatan untuk melakukan penelitian kami tentang kertas di University Sains Malaysia. Kami sampai di Bayan Lepas Pulang Pinang pukul 11 waktu setempat, langsung menuju taman pekaka. Disana terdapat rumah orang aceh, disana berkumpul para pelajar S2 dan S3 yang sedang menimba ilmu di University Sains Malaysia. Kami sangat senang bisa berdiskusi dan berkumpul dengan orang orang hebat disana, serasa seperti rumah sendiri ni negeri orang J

Setelah makan siang kami di ajak pak dosen ke komtar, komtar merupakan pusat perbelajaan yang terkenal di pulang penang. Kami kesana dengan menggunaka rapid penang, itu merupakan bus transportasi umum di Pulang Penang. Busnya sangat bersih, Ber AC lagi, hargamya pun murah sekitar RM 1-2 tergantung jauh dekatnya tujuan. Dikomtar kami menukar uang dan membeli sim card Digi, Simcard disana cukup mahal yaitu RM 30 atau sekitar 100rebu, beda dengan di sini 10rb bisa dapat 3.. tapi mau gak mau harus beli dari pada kalo nyasar gak tau hubungi syapa nanti L Setelah itu kami kembali ke rumah aceh untuk beristirahat dan menyiapkan diri untuk penelitian.

                                                        Bersama Cik Abu dan Arief

Keesokan hari pukul 7 pagi kami sudah siap, disini kami di ajarkan disiplin sama pak dosen, dan harus cepat. Atmosfer itu begitu terasa ketika memasuki kampus USM, mereka sangat rapi dan sangat disiplin baik dijalanan maupun di dalam ruangan kampus. Kami di tempa untuk bisa mengikuti kebiasaan mereka dengan meninggalkan kebiasaan buruk selama di Aceh :D Hari pertama kami harus mengurus surat surat di bagian internasional. Kami di sana harus berjalan kaki dengan jarak yang tidak dekat, hal itu membuat kami sedikit shock, karena biasanya kalo di aceh kami mengendarai motor, sedangkan disana kami kemana kemana dengan berjalan kaki. Capek Sih, tapi asik juga, lama lama jadi terbiasa J akhirnya urusan administrasi selesai tinggal tunggu id card selesai. Id card ini sangat penting sebagai identitas pelajar dan juga sebagai kunci masuk di setiap ruangan di USM. Disana pintu menggunakan sensor id card, kami pernah terkunci di fakultas ketika telat pulang sebelum id card kami selesai.

                                           Bersama Dosen Pembimbing Dr. Nasrullah RCL

Hari berikutnya kami mulai melakukan penelitian, disana kami bertemu dengan cik Abu yang senantiasa mengajarkan dan membimbing kami selama melakukan penelitian. Kami juga di beri semangat dan motivasi oleh prof. Wan Rosli Wan Daud yang merupakan pakar Pulp and Paper di USM. Di lab disana kami bertemu dengan beberapa dosen unsyiah yang sendang menimba ilmu disana, ada pak fauzi dosen Teknik Kimia dan ibu etik dosen Pertanian Unsyiah.


                               USM rasa Unsyiah (Bu Etik, Bg Ajir, Pak Nasrullah dan Saya)


Akhirnya setelah satu minggu lebih penelitian kami dapat di selesaikan dengan bantuan alat alat yang canggih disana dan dengan bimbingan Prof Wan rosli dan pak Nasrullah RCL dan serta Cik Abu dan cik Azlan yang telah membantu kami selama penelitian disana. Kami sangat senang mendapatkan kesempatan belajar dan melalukan penelitian di University Sains Malaysia. Semoga Suatu Hari kami dapat melanjutkan studi disini atau di Eropa J
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment