Manipulasi Sejarah Aceh oleh Wali Nanggroe

13431862421164775531


Wali Nanggroe, Paduka Yang Mulia Muhammad Hasan Tjik di Tiro, nama ini begitu akrab bagi sebagian besar masyarakat Aceh. Bagi orang Aceh, nama Hasan Tiro berasal dari kaum terhormat, ibarat raja yang sangat dicintai oleh rakyatnya, hingga kepergiannya pun untuk berpulang ke Rahmatullah diantar oleh ribuan rakyat Aceh dan ditangisi oleh jutaan lainnya. Sementara itu, rekan seperjuangan almarhum yang saat ini menjabat sebagai Pemangku Wali, Malik Mahmud juga dianggap sebagai figur bersih dan berwibawa yang membawa kedamaian bagi rakyat Aceh atas kepemimpinan dan tauladannya. Tapi benarkah demikian kenyataannya? Bagaimana jika itu semua adalah bualan semata dengan cara memanipulasi sejarah dan merekayasa keadaan supaya berpihak kepada keuntungan pribadi? History, bisa berarti HIS STORY.

SYAHDAN, adalah seorang “sultan” yang hendak memegang tampuk kepemimpinan di Aceh, dengan nama monarkis yang terlampau panjang: Al Mudzabbir Al Maulana Al Malik Al Mubin Profesor Doktor Sultan Di Tiro Muhammad Hasan Ibnal Sultan Maat di Tiro. Memang panjang gelarnya itu. Sepanjang riwayat bualannya dari Swedia dan perjalanan sejarah Aceh yang bersimbah darah akibat ulah Sultan “jadi-jadian” ini.
Nama berbaris-baris itu terdengar jumawa. Anehnya, Hasan mengangkat anak tunggalnya, Karim Tiro, sebagai putra mahkota untuk menggantikan posisinya sebagai “raja” Aceh. Cara yang feodalistis dan dinastik ini sangat bertentangan dengan sikap masyarakat Aceh yang egaliter dan demokratis. Manipulasi sejarah ini ditetapkan Hasan Tiro yang menjadi landasan pengukuhan dirinya sendiri sebagai wali nanggroe dan rekan sejawatnya Malik Mahmud sebagai Pemangku Wali dalam rapat rahasia sigom donya di Stavanger Norwegia. Lucunya lagi, rapat tersebut dijadikan landasan oleh DPRA yang memang sebagian besar merupakan kader yang berasal dari Partai eks kombatan GAM, Partai Aceh. Klop sudah kebohongan dan bualan yang diundangkan.

Fakta SejarahSemasa hidupnya, Hasan Tiro sering mengaku sebagai keturunan ulama Di Tiro, bahkan berani mengklaim dirinya sebagai pewaris tunggal Teungku Chik Di Tiro. Padahal,menurut catatan sejarah, ahli waris Teungku Chik Di Tiro (dari garis keturunan laki-laki) berakhir pada 5 September 1910. Yakni, setelah wafatnya Teungku Chik Mayet di Tiro yang gugur membela Indonesia melawan Belanda. Bukan seperti Hasan Muhammad Tanjong Bungong yang lari ke luar negeri diuber-uber tentara republik. Lelaki bertubuh kurus pendek ini lahir di Tanjong Bungong, Lamlo, Pidie, sebagai putra kedua Leubee Muhammad Tanjong Bungong, pada 1923. Tidak sebuah riwayat pun yang menukilkan ayahnya, Leubee Muhammad, sebagai seorang ulama maupun berdarah biru. Juga tidak ada pertautan dengan Teungku Chik Di Tiro. Hasan lahir sebagai anak petani.

Hasan Tiro= Hasan Leubee Muhammad Tanjong BungongJika merunut garis keturunan, maka Hasan mesti menyebut nama lengkapnya Hasan Leubee Muhammad Tanjong Bungong, bukan Hasan Tiro, konon katanya pula sultan Aceh. Bahkan ada sumber yang menyebutkan bahwa sesungguhnya ia juga keturunan Jawa-Banten. Aneh dan lucu bukan? Jika semasa hidupnya ia menjadikan kebodohan dan kekurangan orang Jawa sebagai bagian dari propaganda negatif yang selama ini ditebar di Aceh hingga membuat orang Aceh percaya sebuah kebohongan daripada kebenaran dan fakta. Ibarat menjilat ludanya sendiri, Hasan Tiro semasa hidupnya telah menyebarkan kebencian demi keuntungan pribadinya sendiri

Sekarang, Hasan Tiro telah wafat, ketika rakyat Aceh telah terlanjur memercayai segala hal yang menjadi rekayasa politik demi keuntungan pribadinya semata. Sejarah yang dalam bahasa inggris adalah History yang saya plesetkan dalam kasus ini menjadi HIS STORY( ceritanya=bualannya). Bualan Hasan Tiro yang berhasil menempatkan dirinya pada posisi yang begitu terhormat di mata rakyat Aceh. Setelah Hasan Tiro tiada, masihkah bualan dan kebohongan ini berlanjut? Mungkin masih, karena Pemangku Wali, Malik Mahmud Al Haytar sangat mungkin menjadi suksesor manipulasi sejarah Aceh, entah sampai kapan.

penulis : Yusuf Daud http://hukum.kompasiana.com
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar:

  1. nyan wali kamo .kah peu biek pangtiban nyoh?.tuleh yng butoi.aneuk bajeueng

    ReplyDelete
  2. jangan hina tngku hasan di tiro.siapapn beliau.beliau tetap wali kami.kamu sp.jng asal ngomong.

    ReplyDelete
  3. Berita yg hampir sama pernah saya dengar sendiri dari seorang wartawan senior di Medan tahun 2008 yang lalu.

    ReplyDelete
  4. Asee kah...
    Mak kah Asee...
    yah kah bui...
    keluarga kah bajeung...

    ReplyDelete
  5. Yg menulis artikel ini babi,tau ap tntang perjuangan?,provolator kau,urus sja keluraga kau.sppun hasan tiro,beliau pejuang rkyat aceh.emang knp rupnya dngn kau?,peacee..anjing kau

    ReplyDelete
  6. saya hanya membagi pengetahuan,
    belom tentu betol belom tentu jug salah,
    yang pasti kita jangan melihat suatu masalah dari suatu sisi, karena mata koin itu ada dua sisi yang saling bertolak belakang,,
    saya juga menginginkan ajak tetap damai, dan seorang pemimpin terpilih dapat mensejahterakan kita semua..

    salam aneuk nanggroe aceh

    ReplyDelete
  7. pukoi ma keu wali marmut engkong buy paleh keuh

    ReplyDelete
  8. Anda tidak bisa menyamakan Malik Mahmud dengan Hasan Tiro. Dari dulu Hasan Tiro berjuang untuk rakyat Aceh (untuk justice- Islam). Kalau dikatakan untuk kepentingan pribadi sangat lah mustahil, Hasan Tiro telah mengorbankan istri dan anaknya yg tercinta serta kekayaannya di Amerika dan memilih berjuang untuk rakyat Aceh. Dalam sejarahnya Hasan Tiro tidak pernah menyerah kepada indonesia. Anda harus baca " Price of the Freedom" yg ditulis olehnya supaya anda lebih memahami apa niat Hasan Tiro yang sebenarnya. Beliau terkena stroke dan ketika beliau kembali ke Aceh Beliau sudah bisa kita katakan bahwa beliau tidak lagi autonom untuk membuat keputusan karna keadaan kesehatannya. Malek Mahmud telah berkhianat, lama sebelum perjanjian MOE Helsinki. Anda juga harus menyelidiki kisah perpecahan antara Gam dan MP Gam, dengan itu munkin anda akan lebih tau apa niat Malek Makmud dan konco2 nya. Sekali lagi Hasan Tiro tidaklah sama dengan Malek Mahmud!

    ReplyDelete
  9. Karya kau sebatas artikel yang penuh bualan ini.... Hasan tiro terbukti telah melahirkan karya fenomenal.... Salah datunya aceh bk mata donya.... Sedangkan kau tak beri apa2 terhadap aceh melainkan profokasi jahat yg menjelek jelek kan orang lain..

    ReplyDelete
  10. waw sangat mengejudkan....... sejarah yang patut ditanya referensinya dari mana karena sepanjang cerita tidak ada pencantuman referensi dari berbagai sumber hanya satu sumber..... buat TS yang punya topik untuk kedepan tolong setiap pengutipan ada catatan kaki yang memperkuat referensi TS.... karena bisa mengakibatkan fitnah yang memecah belahkan bangsa aceh.... seorang penulis itu harus lengkap dengan referensi dan telaah lebih lanjut apa yang ditulis.... jika begini menjadi momok penulis yang efek nya terjadi perpecahan karena penulis tidak memiliki cukup bukti tentang apa yang ditulis dengan kata lain setiap publikasi harus sudah di teliti ke absahan dan kebenarannya........ mohon diklarifikasi agar kita semua terjaga dari fitnah ... terima kasih

    ReplyDelete