China Jadikan Makam Ulama Aceh Lapangan Golf



Ketua Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) Mawardi Husman mengabarkan, investor China akan menyulap situs sejarah di Banda Aceh-Bukit Lamreh (Lamuri), Aceh Besar yang selama ini dikenal sebagai makam para Aulia dan Ulama Besar, menjadi lapangan golf.

"Kita menemukan laporan ditempat itu banyak makam ulama dan aulia. Ini alasan kita mendatangi MPU, supaya persoalan itu ada jalan keluar,"papar Mawardi kepada media online lokal, rakyataceh.com, Rabu (8/8).

Ia menilai, sejarah Aceh semakin pudar, bila dilihat dari masa Kesultanan Iskandar Muda, sejarah Aceh begitu megah dan jaya.

"Menghilangkan sejarah sama dengan menghilangkan identitas. Kawasan itu sarat akan sejarah kejayaan Aceh. Ironis, demi seorang investor makam ulama diabaikan begitu saja. Padahal sejarah Aceh harus dinikmati bukan untuk dikhianati,” imbuhnya.

Di Aceh, banyak makam raja, ulama dan aulia sudah dilupakan. Padahal adanya ulama sekarang karena adanya ulama masa lalu. Di kawasan pembangunan lapangan golf yang luasnya lebih kurang 93,4 hektar tersebut, terdapat sejumlah makam ulama besar Aceh seperti Hadzal Gabru, Makam Malik Dinta Leubah, Makam Malik Syamsuddin, Makam Sirajul Muluk.



"Investor sudah melakukan pembayaran ganti rugi lahan berjumlah Rp 14 ribu - Rp 17 ribu per meter. Kita mendesak Pemerintah Aceh segera membebaskan makam di bukit Kuta Leubok, Lamreh Kabupaten Aceh Besar itu,"harapnya.

Sementara Ketua MPU Aceh Drs. Tgk. H. Ghazali Mohd. Syam, meminta Pemerintah Aceh memperhatikan kembali, beberapa makam Ulama di lamreh Aceh Besar tersebut. Sebab, menggugah situs-situs purbakala berarti menyelamatkan makam Ulama. "Kita mengharapkan supaya situs-situs tersebut diperhatikan, jangan sampai hilang begitu saja,”ujarnya.

Sedangkan menurut Sekda Aceh Besar, Zulkifli Ahmad ketika dikonfirmasi via letelpon selular mengaku, pihak investor sudah memberikan panjer kepada masyarakat. "Namun belum semua menerima. Karena investor meminta agar menyelesaikan situs sejarah tersebut terlebih dahulu," ungkapnya.(az/rakyataceh/voa-islam)



Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment