4.000 personil siap amankan pelantikan gubernur aceh







[BANDA ACEH] Sedikitnyaa 4.000 personil polisi dari jajaran Polda Aceh dikerahkan guna mengamankan acara pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2012-2017 yakni dr Zaini Abdullah – Muzakir Manaf yang terpilih sebagai kepala dan wakil kepala pemerintahan Aceh dalam pilkada 9 April 2012 lalu. Pelantikan mantan petinggi dan mantan Panglima GAM itu selain dihadiri 5.000 undangan juga ikut disaksikan oleh 50 diplomat asing dari berbagai negara didunia.

Kepala Humas Pemerintahan Aceh Usamah El Madny kepada SP, Minggu (24/6) sore mengatakan panitia sudah merampungkan persiapan acara pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2012-2017, tenda besar telah dipasang dihalaman gedung DPR Aceh. Pelantikan akan dilakukan oleh Mendagri Gamawan Fauzi atas nama Presiden, untuk memeriahkan kegiatan itu panitia sudah menyebarkan 5.000 undangan termasuk 50 lembar undangan dikirim kepada para duta besar negara sahabat dan Uni Eropa dan Amerika Serikat dan lembaga donor yang terlibat dalam proses rehab dan rekontruksi Aceh pasca tsunami 2004 silam, setengah dari diplomat yang diundang saat ini sudah berada di Banda Aceh.

Dari undangan yang disampaikan ke para dubes ada 25 kedutaan besar yang menginformasi kehadirannya, Duta Besar (Dubes) Arab Saudi, HE Mr Muhammad Mustafa Mubarak kini telah berada di Banda Aceh yang lain Senin (25/6) para undangan semua akan tiba di Banda Aceh untuk menghadiri acara pelantikan yang dijadwalkan pukul 14.00 WIB.

Penyataan Kabag Humas juga dikuatkan oleh Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda menurutnya pelantikan gubernur dan wakil gubernur akan disaksikan oleh 5.000 undangan dan puluhan diplomat asing yang berkantor di Jakarta bahkan ada yang langsung dari luar negeri datang menghadiri acara tersebut. Ia menambahkan, President Islamic Development Bank, Dr Ahmed Mohammed Ali, Herberg Alvaaker (Kedubes Norwegia), Hidetoshi Ogawa dan Yuri Hamada (Kedubes Jepang), Gavin Chay (Kedubes Sigapura), Jaquel De Lacy (Pimpinan AUSAid) bersama tiga petinggi AUSAid lainnya (mereka mewakili Kebubes Australia), Kathryn T Crockart (Kedubes AS) Andre Nilsson (Kedubes Swedia), Rein Meijer (Kedubes Belanda), Joefly J Bahroeny (Kedubes Sri Lanka), HE Mr Muhammad Mustafa Mubarak (Dubes Arab Saudi) bersama delapan diplomat lainnya Gen Nipat Thonglek (Kedubes Thailand).

Selain diplomat juga para gubernur se-Indonesia dan pejabat nasional antara lain Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, Wakil Ketua MPR RI Dr Ahmad Farhan Hamid, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ir Azwar Abubakar MM, Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna, Asisten Intelijen Panglima TNI Mayjen TNI Trisna Komara, dan Dr HS Dillon (Penasihat Presiden).

Untuk menyukseskan acara pelantikan orang nomor satu dan nomor dua di Aceh, jajaran polda Aceh mengerahkan 4.000 personil polisi untuk disiagakan dan sepanjang Minggu kemarin dan Senin (25/6) sudah ditempatkan pada sejumlah titik kosentrasi pengamanan seperti di luar dan dalam gedung DPR Aceh. Begitu juga pada jalan-jalan utama dalam wilayah kota Banda Aceh dan kawsasan lain yang dianggap perlu sejak Minggu sudah ditempatkan personil polisi, apalagi saat ini sejumlah warga terutama kader Partai Aceh telah membanjiri kota Banda Aceh yang datang menggunakan mobil bak terbuka dan minibus, maka untuk ketertiban perlu ada pengaturan khusus dalam kawasan gedung dewan ada 976 personil distambaikan kata Kombes Pol Gustav Leo kepada SP, Minggu sore di Banda Aceh.

Pantauan SP dihalaman gedung DPRA sejumlah tenda berukuran besar telah ter pasang,tenda ini diperuntukkan bagi masyarakat yang akan menghadiri secara langsung prosesi pelantikan Gubernur Zaini Abdullah dan Wakilnya Muzakir Manaf dibawah tenda besar itu sudah dipersiapkan empat televisi layar lebar. Dibawah tenda akan ditempati para undangan tipe C. Sedangkan undangan tipe A dan B bisa menyaksikan langsung dalam ruang sidang utama DPRA.


sumber : http://www.suarapembaruan.com/home/4000-polisi-amankan-pelantikan-gubernur-aceh/21632
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment