Scuba Diving Pulau Banyak



Kecamatan Pulau Banyak merupakan satu-satunya kecamatan Kepulauan di Kabupaten Aceh Singkil, luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 Ha. Pulau Banyak terdiri dari gugusan pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera. Jumlah pulau-pulau ini mencapai 99 pulau. Pulau yang terbesar adalah Pulau Tuangku dan kedua terbesar adalah Pulau Bangkaru. Selain itu terdapat pula pulau-pulau lain yang kecil-kecil seperti Pulau Balai, Pulau Palambak Besar, Pulau Palambak Kecil, Pulau Tapus-Tapus, dan lain-lain. Ibukota kecamatan terdapat di Pulau Balai.



Pulau banyak merupakan tempat tujuan wisata bahari yang ideal. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut, lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Indahnya panorama Sunset (matahari terbenam) juga menjadi tontonan tersendiri yang mengasyikkan. Pulau Banyak terkenal dengan panorama taman bawah lautnya yang sangat indah, berbagai macam ikan hias dan terumbu karang yang indah dapat dijumpai di sini. Wisatawan dapat melihat keindahan panorama ini dengan menggunakan perahu motor yang lantainya terdiri dari gelas kaca tembus pandang. Sehingga penumpang dapat melihat kebawah. Bagi kedalaman khusus wisatawan dapat menyelam menggunakan alat menyelam khusus atau Scuba Diving.



Menikmati keindahan keanekaragaman hayati terumbu karang dilakukan dengan dua cara. Pertama, pada bagian perairan dangkal dengan menggunakan perahu yang lantainya atau bagian dinding bawah perahu itu terdiri atas gelas kaca tembus pandang.




Dengan demikian penumpang perahu dapat melihat apa- apa yang ada dibawah perahu.Kedua, dengan menggunakan perlengkapan menyelam khususnya untuk tempat- tempat yang dalam yang tidak mungkin dapat dilihat dengan perahu yang lantainya tembus pandang yaitu peralatan scuba diving.Laut pulau banyak menyajikan pemandangan alam. Keunikan laut berupa terumbu karang dengan flora dan fauna laut yang khas yaitu tumbuhan laut dan ikan- ikan karang yang beraneka ragam warna dan berbagai ukuran. Beberapa areal pariwisata di daerah ini adalah pantai pulau tailana, rago- rago, matahari, pabisi dan sikandang. Kebanyakan di daerah ini merupakan tempat yang indah dengan pantai yang berkarang dan airnya yang jernih, sehingga karang- karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter terlihat jelas dari atas perahu....


Sumber : http://pulaubanyakonline2.blogspot.com/2008/02/scuba-diving-di-pulau-banyak.html
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: