Kapal PLTD Apung Banda Aceh



Siapa yang menyangkal dahsyatnya Tsunami di Banda Aceh pada tahun 2004 silam? Bahkan sangking dahsyatnya, Tsunami itu mampu membuat tulisan di lembar buku sejarah Aceh dan juga Monumen di tengah kota Banda Aceh yaitu Kapal PLTD Apung Milik PLN NAD.
Kapal PLTD Apung dengan bobot 2.600 ton, panjang 63 meter dengan luas 1.600 m2 milik PLN NAD yang terdampar ke darat sejauh +/- 5 km dari laut pada saat kejadian gempa dengan kekuatan 9.3 SR dan gelombang tsunami setinggi 30 meter, pada hari minggu pagi 26 Desember 2004 silam. yang menghancurkan wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam serta merenggut korban manusia +/- 300.000 jiwa. 2/3 wilayah Kota Banda Aceh merupakan kawasan yang paling parah mengalami kehancuran dan setengah dari penduduknya (230.000 ribu) nyawa menjadi syuhada saat itu juga.




Kapal PLTD Apung ini sekarang menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan juga domestik. Hampir semua tamu negara yang berkunjung ke Indonesia selalu menyempatkan diri untuk datang ke Aceh ingin membuktikan kejadian nyata yang sangat dahsyat tersebut. Pada awal-awal kejadian tsunami, Sekjen PBB, Kofi Anan dan mantan Presiden Amerika Serikat Georges Bush dan Bill Clinton langsung datang menyaksikan keberadaan kapal tersebut. Selanjutnya sampai dengan sekarang, banyak kepala pemerintahan negara asing dan tokoh-toko dunia yang menjadi tamu Indonesia selalu menyempatkan diri untuk datang kelokasi bencana kapal PLTD Apung dan situs-situs tsunami lainnya di Aceh.


ayooo..
bagi temen-temen yang berkunjung ke aceh jangan melewatkan saat-saat melihat salah satu saksi bisu tsunami ini...
graaaaatis lhoo............ ^_^


Read more: http://www.anjond.com/news/kapal-pltd-apung-tamen-edukasi-tsunami-banda-aceh/
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment