Ajang Kompetisi Bisnis Berbasis Teknologi (Teknopreneur) akan Digelar di Aceh



Inkubator Teknopreuneur Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala bekerja sama denganMultimedia Learning Center, Telematics Research Center dan partner-partner pendukung lainnya  akan menyelenggarakan Aceh Business Model Competition 2013 (Aceh BMC 2013). Aceh BMC merupakan sebuah rangkaian acara dan perlombaan yang berkonsentrasi pada perkembangan kewirausahaan yang berbasis teknologi dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Teknik  ke 50.

Aceh BMC 2013 adalah ajang kompetisi kewirausahaan tingkat lokal bagi para mahasiswa/i pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di propinsi Aceh. Ini adalah kompetisi pertama di Aceh yang diusung berdasarkan kompetisi bisnis model. Kompetisi bisnis model berbeda dari kebanyakan kompetisi bisnis plan yang banyak dilombakan oleh berbagai lembaga, instansi pemerintah maupun bank-bank yang ada di Indonesia. Dimana pada kegiatan ini akan dirangkai dengan berbagai kegiatan penunjang seperti workshop, pelatihan, dan komunikasi online yang terbuka.

Kegiatan ini tidak menekankan harus menghasilkan produk, juga tidak mengharuskan calon peserta harus berkecimpung di bidang IT. Kompetisi ini terbuka untuk berbagai bidang, seperti perikanan, pertanian, teknik, mipa, ilmu sosial, bahkan hal-hal umum lainnya. Tetapi, diharapkan ada porsi teknologinya sehingga dapat memberikan nilai tambah untuk produk yang akan disebar ke pasar nantinya. Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah wadah untuk mahasiswa, pelajar, maupun masyarakat umum yang ingin belajar dan mengembangkan kemampuan berwirausaha dengan sentuhan teknologi.

Penyelenggaraan Aceh BMC 2013 merupakan bagian dari Kegiatan International BMC (Business Model Competition) yang merupakan lomba model bisnis tingkat dunia yang diselenggarangkan oleh Bringham Young University di Provo, UT, Amerika. Aceh adalah propinsi pertama di Indonesia yang menjalin kerja sama langsung dengan penyelenggara International BMC.

 Rahmad Dawood, penggagas diselenggarakannya Aceh BMC 2013, mengatakan: “BMC diselenggarakan dengan misi menginspirasi generasi muda Aceh untuk memulai dan menumbuhkan usaha mereka, sehingga bukan hanya menjadi generasi pencari kerja namun mampu menjadi generasi pencipta lapangan pekerjaan; menjalani usaha bukan sekedar menyalurkan hobi atau coba-coba tapi untuk mencari keuntungan; dan lebih dari sekedar menjalankan usaha, mereka menerapkan inovasi, etika bisnis dan tanggung jawab sosial.  Kegiatan ini diharapkan menjadi pendobrak semangat kalangan muda untuk membangun wadah Start Up di Aceh, khususnya di bidang Teknoprenur. Karena mengingat potensi alam yang begitu luar biasa, sudah selayaknya dikebangkan dengan pemanfaatan teknologi.

Setelah melalui proses seleksi, pada finalis yang terpilih akan mengikuti program mentoring dan mempresentasikan usaha mereka pada para mentor BMC yang terdiri dari para ahli dan teknoprenur berpengalaman, yaitu:
1.     Tatang Santoso - Praktisi Telekomunikasi dan VP Stratigic Planning & Management System PT PINS Subsidiary, PT Telkom Tbk,
2.     Radhi Darmansyah  Praktisi Media Online dan Pendiri/Pemimpin The Globe Journal 
3.     Irfan Sofni - Praktisi Perbankan dan Mantan COO Salah Satu Bank Pembangunan Daerah
4.     Muhammad Ilham Maulana - Praktisi Energi terbaharukan dan Dosen Teknik Mesin Unsyiah
5.     Rahmad Dawood - Praktisi IT dan Dosen Teknik Elektro / Informatika Unsyiah 
6.     Ray Bae - Praktisi, Investor IT dan Dirut Akomatika Perusahaan PMA Korea Selatan
Pendaftaran awal Aceh BMC 2013 dibuka mulai 19 September sampai 19 Oktober 2013. Sedangkan acara Final "Kompetisi Bisnis Model" tersebut akan digelar pada bulan Januari 2014 mendatang. Aceh BMC 2013 merupakan salah satu tahap kualifikasi International Business Model Competition (International BMC) dimana pemenang dari Aceh BMC 2013 akan secara otomatis masuk menjadi finalis pada ajang Internasional BMC. Acara workshop perdana digelar tanggal 5 Oktober 2013 di laboratorium IPA terpadu Universitas Syiah Kuala.(Inc/Ja)


Tertarik untuk menjadi calon enterpreneur dan mendaftarkan diri? Segara kunjungi:
      Fan page: http://www.facebook.com/AcehBMC
      Pendaftaran: http://acehbmc2013.istart.org
      Situs Informasi AcehBMC: http://www.acehbmc2013.org
      Ikuti informasi terkini di twitter: @AcehBMC

sumber : http://www.hmiteknikunsyiah.com/2013/10/ajang-kompetisi-bisnis-berbasis.html
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment