sabang island


              Sabang merupakan suatu daerah yang terletak paling barat negara indonesia. sabang termasuk ke dalam wilayah provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. wilayah sabang sangat strategis karena di kelilingi oleh selat malaka dan samudera hindia. Oleh karenanya sabang memilki potensi sangat besar dalam lalu lintas perdagangan, pada sekitar tahun 60an sabang merupakan salah satu pelabuhan bebas terbesar di indonesia, karena banyak pedang luar negeri yang masuk kesabang, hala tersebut membuat sabang menjadi terkenal di seluruh indonesia bahakan di dunia, warga sabang menjadi lebih makmur.
Namun setelah di bukanya pelabuhan bebas di batam. entah kenapa status perdagangan bebas sabang di cabut oleh pemerintah pusat, hal itu sangat menyakitkan sekligus merugikan bagi warga aceh, khususnya warga sabang. pada masa pemerintahan gubernur irwandi yusuf sekarang ini. status pelabuhan bebas kembali di perjuangkan, hingga sekarang sabang sedang di persiapkan kembali menjadi pelabuhan bebas seprti dulu lagi..


               Selain sebagai pelabuhan bebas, sabang juga memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan bali. pantai-pantai di sabang sangat indah, tak heran begitu banayk turis yang datang ke pulau sabang ini. sabang sempat terpuruk ketika tsunami melanda, turis takut ke sabang, tetapi seiring berjalannya waktu, sabang kembali berbenah diri, sehingga turis mulai banyak kembali berdatangan ke sabang, apa lagi pada saat liburan…..

Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment