Danau Laut Tawar


Sebuah danau tenang terletak di timur kota Takengon, di dataran tinggi Gayo (1.250 meter di atas permukaan laut), Kecamatan Laut Tawar, Nanggroe Aceh Darussalam. Ini adalah danau paparan di Provinsi Aceh dengan sekitar 5.472 ha luas, sekitar 17 km panjang dan lebar 5,5 km. Rata-rata lebar - yang rata-rata 3.219 km, volume Liter air 2,5 triliun (2537483884 m3), Di provinsi North Road: 18 km ke arah selatan: 24 km.

Penduduk sekitar Danau 21.487 Jiwa (2002), 4 Kecamatan, 23 desa
Star, 14 Desa (Bamil Nosar, Nosar Bale, Nosar kerja hari ini, Kejurun Syiah Utama, Mengaya, Bewang, di Bintang, Kuala I, Gegarang, Merodot, Linung Bulen II, sisi Scorpion, Kelitu Sintep)
Kemontokan, 3 Desa (Lot Kala, Mendale, Kala Lengkio)
Bebesen, 2 Desa (Kemili, Keramat mufakat)
Banyak tawar-menawar, 4 Desa (Toweren Toa, Rawe, Pedemun Salah-salah, Hakim Bale Bujang, Lingkungan Takengon Timur).



Akses ke Takengon lebih mudah diakses melalui Kota Bireuen. Ada sebuah terminal kecil tempat mangkal angkutan elf yang khusus ke Takengon. Pernah perjalanan sekitar 5 jam dengan biaya sekitar Rp. 25000. Selain Bireuen, cara alternatif untuk Takengon juga dapat diimplementasikan di Blang Keujeren dan Kutacane.

Keberadaan Danau Laut Tawar bangga menjadi orang Aceh. Ini adalah objek wisata alam, dikunjungi oleh wisatawan domestik dan asing. Danau merupakan sumber air yang digunakan tidak hanya oleh masyarakat di Aceh Tengah Kabupaten, tetapi juga oleh masyarakat di kabupaten lain.



Cerita tradisional yang beredar tentang ikan depik Gayo, seperti bentuk ikan hias baik-ramping putih berkilau dengan ukuran sebesar ibu jari yang hidup di Danau Laut Tawar. Ceritanya, depik berasal dari butiran padi dipindahkan ke danau. Dia akan muncul di permukaan pada musim tertentu, khususnya selama musim hujan. Sebelum musim tiba, orang banyak depik bersembunyi di selatan danau, di kaki Gunung Bur Kelieten. Depik merupakan karunia Allah kepada orang-orang Gayo, meski terus-menerus dikonsumsi, ia tidak pernah habis.




Dua bukit yang mengapit danau, lebih dan menunjukkan keindahan danau. Integrasi perairan dan dataran memberikan sumber penghidupan bagi banyak orang, terutama di dataran tinggi di sekitar Gayo. Laut A karena laut dan luasnya sebagai tawar karena airnya tidak asin. Air tawarnya menyimpan banyak tumbuhan dan fauna, salah satu ikan paling populer adalah depik yang merupakan spesies ikan hanya di Danau Laut Tawar.

Di lokasi ini pengunjung dapat melihat para petani dan nelayan. Salah satu kegiatan yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitar danau. Komoditas unggulan yang ditanam di dataran tinggi Gayo antara lain, adalah kopi Gayo (kopi arabika), yang sangat populer di Jepang, kentang, markisa, tomat, cabe, jagung, dan sayuran. Hasil komoditas perkebunan yang cukup terkenal keprok Gayo dan alpukat.

Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata tidak free.There adalah salah satu perahu motor digunakan untuk membawa penumpang mengelilingi Danau Laut Tawar. Sekitar danau di mana ada penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di lokasi itu.


sumber : http://aneukagamaceh.blogspot.com/2008/10/laut-tawar-lake-beauty-is-hidden-in.html
Share on Google Plus

About Zulfajri Ery Syahputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment